Friday, July 06, 2007

4 Sehat 5 Sempurna or Gizi Seimbang

Pagi tadi nonton liputan 6 pagi, ada yang menarik dari diskusi antara bayu setiono dengan seorang dr yang juga sebagai kepala ... laktasi indonesia. yang saya lupa namanya.

namun ada satu pencerahan baru tentang pandangan yang kita dapat sejak kecil tentang makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Selama ini kita menganggap bahwa makanan sehat adalah makanan yang mengandung 4 sehat dan 5sempurna, dimana yang kelima nya itu di identikkan dengan susu.

dalam dialog pagi tadi, dokter tersebut mengatakan sebenarnya anak diatas 2 tahun tidak perlu minum susu. (nah lo....), yang perlu adalah anak di bawah 2 tahun, dan itupun susunya dipenuhi oleh ASI bukan susu formula.

Jadi yang terpenting adalah memberikan asupan makanan sesuai dengan "GIZI SEIMBANG" yaitu makanan yang mengandung semua unsur seperti karbohidrat, protein, pospor dll.

dan asupan seperti protein dan pospor yang untuk pertumbuhan tulang tidak selalu dari susu, zat itu bisa didapat dari makanan yang murah meriah seperti ikan kecil (ikan teri) yang dimakan dengan tulangnya.

Jadi kenapa yang SUSU sebagai makanan 5 Sempurna di dengungkan pemerintah sejak lama, bukannya mengakampanyekna "MAKANAN GIZI SEIMBANG ?????

2 comments:

Anonymous said...

Oi, achei teu blog pelo google tá bem interessante gostei desse post. Quando der dá uma passada pelo meu blog, é sobre camisetas personalizadas, mostra passo a passo como criar uma camiseta personalizada bem maneira. Se você quiser linkar meu blog no seu eu ficaria agradecido, até mais e sucesso. (If you speak English can see the version in English of the Camiseta Personalizada. If he will be possible add my blog in your blogroll I thankful, bye friend).

Anonymous said...

Hmm..itu mungkin untuk mudahnya. Sebenarnya zaman dulu kan ada minum air tajin, air kacang hijau, daun katuk (agar ASI lancar) dsb nya.