Friday, August 10, 2007

Samsat Keliling

Saya pengen ngacungin jempol buat Polda Metro Jaya yang udah nyediain samsat Keliling untuk perpanjangan STNK ataupu SIM Jakarta.

Hari ini adalah pengalaman kedua saya menggunakan jasa samsat keliling, saya gunakan yang ada di depan Kantor Pelni jalan Gajah Mada, untuk memperpanjang STNK, Saya tiba di lokasi sekitar jam 8.10 am, saat itu mobilnya baru parkir, dan staff mobil keliling lagi nyiapin masang tenda dan kursi-kursi, mereka hanya butuh sekitar 10 menit untuk menyiapkannya, setelah itu loket langsung di buka. untuk yang udah siap berkasnya lansung di periksa sama staffnya di bawah sambil di susun agar staff yang di mobil lebih mudah memeriksa.

Saya hanya perlu waktu sekitar 15 menit mulai dari ngisi formulir sampai STNK saya terima, bayarnya dilebihin dua ribu karena gak ada kembalian, maklum saya orang kedua yang bayar.
Bandingkan kalo ngurus sendiri di kantor samsat, pasti gak bakalan bisa 15 menit, total jendral saya hanya menghabiskan waktu 30 menit untuk pengurusan STNK saya.

Tips untuk yang mo ngurus STNK di samsat Keliling, siapkan :
1. STNK asli dan Copy
2. BPKB asli dan Copy
3. KTP pemilik asli dan Copy

sampai di sana langsun ambil Formulir dan isi sesuai dengan yang ada di STNK, kalo pertanyaan nya gak ada di STNK gak usah di isi contoh Negara asal pembuatan, saya gak isi kolom ini karena gak tau kendaraan saya di buat di jepang apa di rakit di indonesia ?

Selamat Mencoba SAMSAT Keliling......

2 comments:

Anonymous said...

Samsat keliling hanya untuk motor ya? Suami saya pernah mencoba di Samsat keliling, ternyata untuk perpanjangan SIM mobil tetap harus ke Daan Mogot.

MG said...

Nggak bu Enny, Mobil Samsat keliling itu ada 2 macem.
1. Mobil STNK
mobil ini melayani perpanjangan STNK seluruh Jakarta, kecuali perpanjangan dan ganti Plat Nomer kalo gak salah di sini gak bisa, jadi harus ke samsat.

2. Mobil SIM
- Mobil ini melayani perpanjangan sim selurh area jakarta juga, yang gak bisa adalah buat sim dan naik tingkat sim, misal dari sim A jadi Sim B1,
kalo gak salah seperti itu, infonya bisa di tanya di sms 1717